Senin, 21 Februari 2011


Ø  Alasan memilih judul penelitian
Dalam suatu perusahaan atau instansi pasti memiliki seorang sekretaris dalam mengatur kegiatan pimpinan.Sekretaris didalam sebuah perusahaan ini sangat menentukan perusahaan tersebut bagus atau tidaknya, karena apabila tidak ada sekretaris kegiatan baik yang menyangkut dengan pimpinan, costumer maupun  korespondensi akan terbengkalai.
Karena para costumer yang berkunjung dan ingin menemui pimpinan berhadapan langsung dengan sekretaris maka dari itu seorang sekretaris harus ramah dan sopan, berpenampilan menarik dan berwawasan luas dan yang tidak kalah penting mempunyai daya ingat yang kuat untuk menghafal nama – nama setiap orang di setiap unit – unit bagian dan mengingat sambungan telepon nya baik dari unit – perunit , KP, KC maupun KCP.
Sekretaris yang ada pada Bank BTN Cabang Banjarmasin ini sekaligus merangkap sebagai Operator. Maksud nya selain sebagai orang yang menangani kegiatan pimpinan sekretaris ini juga melayani telepon – telepon yang masuk ataupun keluar baik dari unit – unit lain maupun dari nasabah yang ingin berurusan dengan Bank BTN Cabang Banjarmasin maupun Kantor Cabang Pembantunya.
Pekerjaan Sekretaris ini cukup banyak dan banyak menyita waktu untuk istirahat. Setiap harinya pekerjaan yang dilakukan sekretaris selain mengatur ruang kantor pimpinan, mengatur jadwal pimpinan, menerima surat masuk dan keluar, mendistribusikan surat , mengarsip, menfaximile dan menerima telepon masuk atau keluar.
Sampai – sampai menyita waktu istirahatnya, maka dari itu sekretaris tidak pernah meninggalkan tempat duduknya kecuali keruangan pimpinan dan ke belakang ( WC ).itu pun kalau lama biasanya telepon yang satu di Non Aktifkan supaya tidak terlalu menganggu pekerja yang lain. Istirahan sekrataris baik untuk makan maupun minum dilakukan di ruangan tersebut karena sudah disediakan.
Apabila tidak ada sekretaris urusan pekerjaan tersebut akan terbengkalai tidak ada yang mengerjakan, walaupun operator bisa digantikan dengan orang lain tetapi untuk urusan mengatur jadwal pimpinan, mendistribusikan surat masuk dan keluar yang segera ditangani tidak bisa dilakukann oleh orang lain apalagi mengarsipnya.
Pada suatu saat sekretaris yang ada pada Bank BTN Cabang Banjarmasin berhalangan hadir karena urusan yang sangat penting dan tidak bisa masuk kerja. Pada hari itu semua pekerjaan yang menyangkut pimpinan terbengkalai dan semua berantakan, walau tugas menerima telepon bisa digantikan oleh orang lain ( satpam ), tetapi untuk masalah korespondensi tidak bisa digantikan oleh orang lain.
Kerena pada Bank BTN Cabang Banjarmasin semua unit atau bagian – bagian nya telah mempunyai pekerjaannya masing – masing. Kerena setiap unit mempunyai beberapa bawahan saja yang menangani urusan nya masing – masing yang tidak bisa untuk ditinggalkan baik itu urusan TS ( Teller Service ),LS ( Loan Service ), TP ( Transaction Processing ), LA ( Loan Administration ), RS ( Retail Service ),FR ( Finansial Reporting ), OP ( Operational ), BC ( Bookeping and Control ), LR ( Loan Recovery ).
Maka dari itu apabiala sekretaris tidak masuk semua pekerjaan yang menyangkut pekerjaan sekretaris semua akan terbengkalai.dan pada saat itu semua surat masuk yang sangat segera saja yang langsung ditindak lanjuti dan di serahkan kepada pimpinan untuk di ambil keputusan selanjutnya, karena bukan sekretaris sendiri yang menangani karespondensi tersebut maka tidak ada copian untuk di arsip sebagai arsip perusahaan dan sekretaris harus meminta copian nya kembali untuk di arsip ke kantor cabang lainnya sabagai barang bukti.
Itu sebabnya sekretaris sangat penting  di PT BTN Cabang Banjarmasin, apabila tidak ada sekretaris maka semua hal – hal yang sangat segera susah untuk ditindak lanjuti oleh orang yang dituju.
Keberadaan sekretaris pada PT BTN Cabang Banjarmasin sangat fital sekali dalam pendistribusian surat maupun melayani costumer lewat telepon.
Bank Tabungan Negara Cabang Banjarmasin mempunyai hari kerja 5 ( lima ) hari dalam seminggu yaitu Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jum’at dengan jam kerja tang terbagi atas :
Masuk                               07.00 – 12.00
Istirahat                             12.00 – 13.00
Masuk                               13.00 – 17.00
Terkecuali untuk hari Jum’at  hanya jam istirahatnya saja yang berbeda dari hari biasanya yaitu :
Istirahat                             12.00 – 13.30

1 komentar:

  1. selamat malam mbaa...

    mohon pendapatnya untuk judul tugas akhir saya, kebetulan saya juga jurusan sekretaris yang sedang menyusun tugas akhir ...


    ada rekomen lain untuk sekretaris yang bekerja di bidang provider ...

    terim kasih sebelumnya ....

    BalasHapus